Perbandingan Skyline antara Kota di Indonesia dengan Kota di Malaysia

Leave a Comment

Skyline merupakan cakrawala atau kaki langit yang terbentuk oleh daratan atau kumpulan bangunan. Kalau menurut kamus bahasa Inggris Oxford, skyline is and outline of land and building defined against the sky. Untuk lebih jelasnya, kita ambil contoh gunung. Rangkaian pegunungan akan membentuk cakrawala atau  horizontal bila dibandingkan terhadap langit. Inilah yang disebut dengan skyline.


Untuk kawasana perkotaan, skyline dibentuk oleh kumpulan gedung-gedung. Bagus atau tidaknya skyline sebuah kota tergantung dari ketinggian dan kerapatan antar gedung. Dalam kesempatan kali ini kita akan melihat seperti apa perbandingan antara skyline kota-kota di Indonesia dengan skyline kota-kota di Malaysia. Perbandingannya akan dilihat berdasarkan 10 kota dengan skyline terbaik di Masing-masing negara. Seperti apa perbandingannya? Berikut adalah uraian singkatnya.

1. Jakarta vs Kuala Lumpur

Skyline Jakarta (foto : culinaryboanza.com)

Skyline Kuala Lumpur (foto : trekearth.com)

Skyline antara kota Jakarta dengan kota Kuala Lumpur kelihatan tidak jauh berbeda. Dari segi jumlah, pencakar langit di Jakarta sebenarnya lebih banyak dibandingkan Kuala Lumpur. Hanya saja pembangunan pencakar langit di Jakarta lebih menyebar dibandingkan Kuala Lumpur.

2. Surabaya vs Penang

Skyline Surabaya (foto : flickr.com)

Skyline Penang (foto : hubpages.com)

Skyline kota Penang lebih baik bila dibandingkan dengan skyline kota Surabaya. Dari segi jumlah, pencakar langit di kota Penang juga jauh lebih banyak dibandingkan Surabaya. Ini karena Penang merupakan sebuah destinasi wisata utama di Malaysia, sehingga pertumbuhan bangunan hotel dan apartemen cukup menjamur di sana. Namun gedung-gedung di Surabaya tampak lebih menarik dibandingkan gedung-gedung di Penang. Desain gedung-gedung di Surabaya tampak lebih variatif.

3. Tangerang vs Johor Bahru

Skyline Tangerang (foto : flickr.com)

Skyline Johor Bahru (foto : utusan.com.my)

Bisa dibilang Johor Bahru unggul telak dibandingkan Tangerang dalam urusan skyline. Bahkan skyline Johor tampak setara dengan skyline Surabaya. Salah satu faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan pencakar langit di kota Johor Bahru adalah karena kota ini menjadi penghubung antara Malaysia dengan Singapura. 

4. Medan vs Malaka

Skyline Medan (foto : skyscrapercity.com)

Skyline Malaka (foto : flickr.com)

Skyline Medan tampak sedikit lebih baik dibandingkan skyline Malaka. Dalam beberapa tahun belakangan ini pertumbuhan gedung-gedung pencakar langit di kota Medan memang cukup pesat. Ditambah lagi pembangunan gedung-gedung baru di kota Medan banyak terpusat dipusat kota.

5. Bandung vs Kuching

Skyline Bandung (foto : skyscrapercity.com)

Skyline Kuching (foto : skyscrapercity.com)

Skyline kota Bandung dengan kota Kuching kelihatan tidak jauh berbeda. Padahal Bandung memiliki jumlah gedung tinggi yang jauh lebih banyak dibandingkan Kuching. Bahkan dibandingkan kota Medan sekalipun, gedung tinggi di kota Bandung masih jauh lebih banyak. Hanya saja pembangunan gedung tinggi di kota Bandung sangat menyebar, sehingga skyline kota Bandung kelihatan tidak terlalu padat.

6. Makassar vs Kinabalu
.

Skyline Makassar : (foto : flickr.com)

Skyline Kinabalu (foto : wikipedia.org)

Makassar dan Kinabalu memiliki karakteristik yang sama. Kedua kota sama-sama berkonsep waterfront city. Dalam urusan skyline, kedua kota juga tidak jauh berbeda. Hanya saja gedung-gedung di kota Makassar relatif lebih tinggi dibandingkan kota Kinabalu. Sementara gedung-gedung di Kinabalu kelihatan lebih padat dibandingkan Makassar.

7. Semarang vs Kuala Terengganu

Skyline Semarang (foto : Semarang)

Skyline Kuala Terengganu (foto : panoramio.com)

Dari segi skyline, Semarang lebih baik dibandingkan Kuala Terengganu. Jumlah gedung tinggi di kota Semarang juga jauh lebih banyak. 

8. Batam vs Alor Setar

Skyline Batam (foto : skyscrapercity)

Skyline Alor Setar  (foto : flickr.com)

Boleh dibilang Batam merupakan salah satu kota dengan perkembangan paling pesat di Indonesia, termasuk dalam hal pembangunan gedung-gedung tinggi. Dibandingkan kota Alor Setar, skyline kota Batam kelihatan lebih baik. Batam memiliki gedung-gedung yang relatif lebih tinggi dibandingkan Alor Setar.

9. Balikpapan vs Kuantan

Balikpapan skyline (foto : skyscrapercity)

Kuantan skyline (foto : skyscrapercity)

Balikpapan memiliki gedung tinggi yang lebih banyak dibandingkan Kuantan. Gedung-gedung tinggi di kota Balikpapan juga dibangun cukup terpusat, sehingga skyline Balikpapan tampak lebih baik dibandingkan Kuantan.

10. Bekasi vs Ipoh

Bekasi skyline (foto : @raflydarmawan77 di instagram)

Skyline Ipoh (foto : panoramio.com)

Gedung-gedung tinggi di kota Bekasi lebih banyak dibandingkan Ipoh. Dari segi skyline, Bekasi juga lebih baik dibandingkan Ipoh. Pembangunan gedung-gedung tinggi baru di kota Bekasi juga lumayan pesat. Bukan tidak mungkin di masa-masa yang akan datang Bekasi menduduki peringkat yang jauh lebih baik dibandingkan sekarang. 


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment