Jumlah Pencakar Langit di Jakarta Urutan Sembilan di Dunia

Leave a Comment

Jakarta merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Dengan populasi yang mencapai lebih dari 10 juta jiwa, tidak mengherankan kalau Jakarta menjelma menjadi salah satu kota metropolitan terpadat di dunia. Semakin pesatnya pertumbuhan penduduk dan semakin terbatasnya ketersediaan lahan, membuat pertumbuhan gedung-gedung pencakar menjadi subur di kota Jakarta. Bicara tentang pencakar langit, ternyata Jakarta merupakan salah satu kota yang masuk dalam daftar 10 kota pemilik pencakar langit terbanyak di dunia, tepatnya Jakarta berada diurutan kesembilan.

Dari 10 kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia, hampir semuanya berasal dari Asia. Hanya satu kota yang berasal dari Asia, yaitu kota New York yang berada diposisi keempat. Urutan pertama dipegang oleh Hong Kong. Sementara urutan kedua dipegang oleh kota pemilik gedung tertinggi di dunia saat ini, yaitu Dubai. Selanjutnya disusul oleh Shenzen, New York, Shanghai, Guangzhou, Chongqing, Tianjin, Jakarta dan Wuhan. Bisa dilihat bahwa kota-kota dari China mendominasi dalam daftar 10 kota pemilik pencakar terbanyak di dunia. Dari daftar diatas, 6 kota berasal dari China. Sementara Uni Emirat Arab, Hong Kong, Amerika dan Indonesia masing-masing memiliki satu kota yang masuk dalam daftar.

Untuk Asia Tenggara, Jakarta menduduki posisi pertama. Setelah Jakarta, posisi kedua dipegang oleh kota Singapura. Selanjutnya disusul oleh kota Manila. Kedua kota tersebut masuk dalam daftar 20 kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Singapura berada pada posisi ke-13 sementara Manila berada pada posisi ke-17.

Sementara bila dilihat berdasarkan negara, Indonesia berada pada posisi kelima di dunia. Posisi pertama sudah tentu  dipegang oleh negara China. Bahkan kalau dilihat berdasarkan 20 kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia, 11 kota berasal dari China. Untuk urutan kedua dipegang oleh Amerika Serikat yang menempatkan dua kotanya dalam daftar 20 kota pemilik gedung pencakar langit teranyak di dunia. Selanjutnya disusul oleh Hong Kong, Uni Emirat Arab, Indonesia, Singapura, Jepang, Filipina dan Panama. Masing-masing negara tersebut menempatkan satu kotanya dalam daftar 20 kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia.

Gaoloumi.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment