20 Kota dengan Skyline Terbaik di Indonesia

Leave a Comment
Biasanya sebuah kota metropolitan identik dengan gedung-gedung tinggi. Besarnya jumlah penduduk dan semakin terbatasnya ketersediaan lahan, membuat pembangunan gedung-gedung tinggi menjadi solusi. Kumpulan gedung-gedung tinggi tersebut membentuk semacam garis horizontal yang biasa disebut dengan skyline. Jadi secara garis besar, skyline bisa didefinisikan sebagai kaki langit atau garis horizontal yang terbentuk dari kumpulan gedung-gedung tinggi. Namun  istilah skyline tidak hanya dipakai pada kumpulan gedung-gedung tinggi. Garis horizontal yang terbentuk dari gugusan pegunungan misalnya, juga bisa disebut skyline.


Pada tulisan kali ini akan membahas tentang skyline kota-kota di Indonesia. Lebih tepatnya membahas tentang 20 kota dengan skyline terbaik di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftarnya.

1. Jakarta

Foto : Flickr.com

Jakarta menjadi kota dengan skyline terbaik di Indonesia. Bahkan Jakarta merupakan salah satu kota dengan skyline terbaik di Asia Tenggara. Hal ini tidak mengherankan karena jumlah gedung tinggi (highrise) di kota Jakarta lebih dari 500 gedung.

2. Surabaya

Foto : Flickr.com

Jumlah gedung tinggi di kota Surabaya telah mencapai angka diatas 100 gedung. Di Indonesia hanya Jakarta dan Surabaya yang memiliki jumlah gedung tinggi diatas 100. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau Surabaya menjadi kota dengan skyline terbaik kedua di Indonesia setelah Jakarta.

3. Tangerang

Foto : Flickr.com

Posisi ketiga kota dengan skyline terbaik di Indonesia dipegang oleh kota Tangerang. Kota terbesar di provinsi Banten ini memang tidak terlalu banyak memiliki gedung tinggi. Hanya saja gedung-gedung tinggi di kota Tangerang relatif jangkung, tampak setara dengan kota Surabaya.

4. Medan

Foto : Skyscrapercity.com

Kota Medan mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini, baik dalam hal pembangunan infrastruktur maupun gedung-gedung tinggi. Dengan pembangunan gedung tinggi yang terpusat, membuat kota Medan menjadi kota dengan skyline terbaik keempat di Indonesia.

5. Bandung

Foto : Skyscrapercity.com

Dari jumlah gedung tinggi, Bandung lebih unggul dibandingkan Medan dan Tangerang. Hanya saja gedung-gedung di kota Bandung pembangunannya menyebar, sehingga skyline kota Bandung masih kalah dibandingkan Medan. Dengan pertumbuhuan gedung tinggi yang lebih pesat dibandingkan kota Medan, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan skyline kota Bandung bisa mengungguli Medan.

6. Makassar

Foto : Skyscrapercity.com

Makassar merupakan satu-satunya kota metropolitan di kawasan Indonesia timur. Sebagai salah satu kota di Indonesia timur, pertumbuhan gedung-gedung tinggi di kota Makassar cukup membuat kagum. Bahkan dari segi skyline, ibukota Sulawesi Selatan ini mampu mengungguli sejumlah kota dengan penduduk yang lebih besar.

7. Semarang

Foto : Skyscrapercity.com

Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki gedung tinggi yang cukup banyak dengan pembangunan yang cukup terpusat. Hanya saja kota Semarang memiliki aturan KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) yang ketat. Ini disebabkan karena kota Semarang memiliki bandara ditengah kota, sehingga ketinggian gedung-gedung dibatasi dengan ketat. Hal yang serupa juga terjadi pada kota Bandung.

8. Batam.

Foto : Skyscrapercity.com

Batam terkenal sebagai kota industri dan kota pariwisata. Dengan statusnya tersebut, tidak mengherankan kalau Batam mengalami pertumbuhan gedung tinggi yang cukup pesat.

9. Balikpapan

Foto : Skyscrapercity.com

Bisa dibilang kota Balikpapan merupakan kota termaju di pulau Kalimantan, termasuk dalam hal pembangunan gedung-gedung tinggi. Kota Balikpapan dikenal juga sebagai sebutan kota minyak karena Balikpapan merupakan salah satu penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.

10. Bekasi

Foto : Instagram.com

Kota Bekasi merupakan salah satu penyangga kota Jakarta. Diantara kota-kota yang menjadi penyangga kota Jakarta, Bekasi menjadi salah satu kota yang paling pesat dalam membangun gedung tinggi. Skyline kota Bekasi hanya kalah dari kota Tangerang.

11. Cikarang

Foto : Skyscrapercity.com

Cikarang adalah ibukota dari kabupaten Bekasi. Meski berstatus ibukota kabupaten, Cikarang berbeda dari sejumlah ibukota kabupaten lainnya di Indonesia. Kota Cikarang terdiri dari beberapa kecamatan layaknya sebuah kota otonom. Bisa jadi kota Cikarang bakal dimekarkan menjadi kota otonom kedepannya. Untuk urusan pembangunan gedung tinggi, Cikarang masih kalah pesat dibandingkan kota Bekasi. Hanya saja pembangunan gedung tinggi di kota Cikarang cukup terpusat, sehingga skyline kota Cikarang tidak kalah bila dibandingkan dengan Bekasi.

12. Depok

Foto : Indopos.co.id

Depok juga merupakan salah satu penyangga kota Jakarta. Skyline kota Depok masih kalah dibandingkan Tangerang dan Bekasi, walaupun kota Depok mengalami pertumbuhan pembangunan gedung tinggi yang cukup pesat. Ini karena pembangunan gedung tinggi di kota Depok tidak terlalu terpusat.


13. Solo

Foto : Asedino.wordpress.com

Solo merupakan kota terbesar kedua di provinsi Jawa Tengah. Populasi kota Solo masih jauh dibawah 1 juta jiwa. Untuk ukuran kota dengan populasi yang relatif kecil, skyline kota Solo boleh dikatakan lumayan bagus yang memiliki beberapa gedung dengan ketinggian 20an lantai.

14. Pekanbaru

Foto : Flickr.com

Saat ini Pekanbaru telah menjelma menjadi salah satu kota metropolitan di Sumatera. Skyline kota Pekanbaru juga mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan ini dengan hadirnya beberapa gedung tinggi di pusat kota Pekanbaru.

15. Samarinda

Foto : Skyscrapercity.com

Samarinda merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Samarinda adalah kota dengan skyline terbaik di pulau Kalimantan setelah kota Balikpapan.

16. Malang

Foto : Skyscrapercity.com

Malang merupakan kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur setelah kota Surabaya. Skyline kota Malang sudah cukup terbentuk, walaupun untuk ukuran kota dengan populasi diatas 1 juta jiwa, skyline kota Malang masih belum terlalu mumpuni.

17. Manado

Foto : Skyscrapercity.com

Boleh dibilang Manado merupakan salah satu waterfront city terindah di Indonesia. Apalagi saat ini sudah terdapat beberapa gedung tinggi yang berdiri dibibir pantai kota Manado yang menambah indahnya pesona kota Manado.

18. Pontianak

Foto : Skyscrapercity.com

Pontianak juga merupakan kota yang berkonsep waterfront city. Hanya saja pusat kota Pontianak tidak menghadap laut seperti kota Manado, melainkan menghadap sungai. Kebanyakan gedung-gedung tinggi yang dibangun dibibir sungai di kota Pontianak masih dalam tahap kontruksi.

19. Bandar Lampung

Foto : Skyscrapercity.com

Beberapa tahun lalu kota Bandar Lampung tidak terlalu diperhitungkan dalam urusan skyline. Namun saat ini sudah terdapat beberapa gedung tinggi yang berdiri dan sedang dibangun di kota Bandar Lampung, sehingga skyline kota Bandar Lampung semakin terbentuk.

20. Banjarmasin

Foto : Flickr.com

Banjarmasin merupakan satu-satunya kota yang memiliki konsep area metropolitan di pulau Kalimantan. Hanya saja untuk urusan skyline, kota Bannjarmasin masih belum begitu bersaing dengan Balikpapan dan Samarinda.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment