Kota Makassar Resmikan Angkutan Modern Bernama Pete-Pete Smart

Leave a Comment
Kota Makassar Resmikan Angkutan Modern Bernama Pete-Pete Smart

Kota Makassar secara resmi meluncurkan angkutan kota modern yang yang diberi nama pete-pete smart. Peluncuran pete-pete smart tersebut dilakukan pada Senin petang, 12 Desember 2016. Peluncurannya dilakukan di Anjungan Pantai Losari dan diresmikan oleh walikota Makassar, Ramdhan Pomanto.

Menurut walikota Makassar yang biasa disapa Danny ini, tujuan diluncurkan pete-pete smart adalah untuk peremajaan angkot yang beroperasi saat ini. Tentunya pete-pete smart memiliki sejumlah fasilitas yang lebih unggul dibandingkan angkot pada umumnya. Fasilitas-fasilitas yang menjadi unggulan dari pete-pete smart ini antara lain adalah  Wi-Fi, televisi, CCTV dan penyejuk udara. Selain itu, fasilitas lainnya yang tidak kalah penting yang dimiliki oleh pete-pete smart ini adalah colokan listrik yang terdapat dibagian bawah kursi. Jadi ketika menaiki pete-pete smart, kita tidak perlu cemas apabila laptop atau handphone yang kita gunakan mengalami baterai lemah.

Untuk kapasitas, pete-pete smart dapat mengangkut hingga 16 penumpang yang terdiri dari 12 penumpang duduk dan 4 penumpang berdiri. Selain itu pete-pete smart juga memiliki tempat bagi penyandang disabilitas, khususnya bagi yang menggunakan kursi roda.

Pete-pete smart ini memiliki teknologi yang canggih. Lampunya menggunakan sumber energi dari tenaga surya. Untuk mesin, pete-pete smart ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.300 CC. Interiornya dibuat mirip seperti MRT (Mass Rapid Transit). Jadi penumpang bisa duduk berhadap-hadapan dan bisa juga berdiri. Tarifnya juga tergolong murah. Diperkirakan pete-pete smart ini akan menetapkan tarif sebesar Rp10.000. Tarif tersebut berlaku untuk satu hari perjalanan. Jadi dengan membayar Rp10.000, kita dapat menikmati layanan pete-pete smart sepanjang hari disemua jalur. Untuk sementara, baru 1 unit pete-pete smart yang beroperasi.

Pete-pete smart yang baru diluncurkan ini masih berupa konsep. Berbagai uji coba dan penyempurnaan akan terus dilakukan sebelum resmi beroperasi tahun depan. Untuk tahun depan, pemerintah kota Makassar akan mempersipakan 10 unit pete-pete smart. Biaya uji coba jalur dan pengadaan pete-pete smart tersebut dianggarkan melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) kota Makassar.

Prosesi peluncuran pete-pete smart ini dilakukan Danny dengan berkeliling kota Makassar dan berakhir di Anjungan Pantai Losari. Sempat terjadi insiden kepulan asap putih dari bagian radiator. Namun hal tersebut tidak mengganggu prosesi peluncuran. Selain terlibat dalam peluncuran, Danny juga terlibat langsung dalam mendesain pete-pete smart tersebut.

Detik
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment