Perbandingan Skyline Kota di Indonesia dengan Kota di Thailand

Leave a Comment

Skyline merupakan sebuah pemandangan yang lumrah yang biasa kita jumpai di kota-kota metropolitan. Sebuah skyline terbentuk dari kumpulan gedung-gedung tinggi. Terdapat beberapa faktor yang menentukan bagus atau tidaknya skyline sebuah kota. Diantaranya adalah ketinggian gedung, kerapatan antar gedung, desain gedung dan lanskap kota.

Bicara tentang skyline, sebelumnya kita sudah membuat perbandingan antara skyline Indonesia dengan Malaysia dan perbandingan antara skyline Indonesia dengan Vietnam. Pada tulisan kali akan dibahas tentang perbandingan skyline antara Indonesia dengan Thailand. Perbandingannya dibuat berdasarkan 10 kota dengan skyline terbaik dimasing-masing negara. Namun urutan 10 kota dengan skyline terbaik di Indonesia dan Thailand tersebut tidak bersifat mutlak. Bisa saja bagi anda urutannya berbeda, khususnya untuk kota-kota yang memiliki skyline nyaris setara. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbanidngan skyline antara Indonesia dengan Thailand. 

1. Jakarta vs Bangkok

Skyline Jakarta (Foto : Flickr.com)

Skyline Bangkok (Foto : Flickr.com)

Indonesia dan Thailand memiliki karakteristik yang serupa. Jakarta dan Bangkok yang menjadi ibukota di masing-masing negara sama-sama menjadi pusat segala-galanya. Untuk urusan skyline, Bangkok boleh dibilang  lebih baik dibandingkan Jakarta. Walaupun Jakarta dan Bangkok sama-sama memiliki gedung pencakar langit yang banyak, namun Bangkok lebih unggul bila dilihat berdasarkan kerapatan antar gedung. 

2. Surabaya vs Pattaya

Skyline Surabaya (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Pattaya (Foto : 123rf.com)

Perbandingan skyline antara Surabaya dengan Pattaya sekilas tampak nyaris serupa. Pada kenyataannya, Pattaya memiliki gedung-gedung yang lebih padat dibandingkan Surabaya. Selain itu bagi orang-orang yang suka dengan nuansa pemandangan alam, tentunya akan lebih suka skyline Pattaya yang berkonsep waterfront city. 

3. Tangerang vs Hua Hin

Skyline Tangerang (Foto : Flickr.com)

Skyline Hua Hin (Foto : Skyscrapercity.com)

Tangerang memiliki gedung-gedung yang lebih tinggi dibandingkan Hua Hin. Secara umum untuk urusan skyline, Tangerang lebih unggul dibandingkan Hua Hin. Hanya saja Hua Hin memiliki bentang alam yang lebih indah dibandingkan Tangerang. Hua Hin sendiri memang merupakan salah satu kota wisata andalan Thailand. 

4. Medan vs Chiangmai

Skyline Medan (Foto : @zulfie_herwinsyah di Instagram)

Skyline Chiangmai (Foto : Flickr.com)

Chiangmai memiliki gedung-gedung yang cukup banyak. Hanya saja gedung-gedung di kota Chiangmai rata-rata tidak terlalu tinggi. Dibandingkan kota Medan, secara umum gedung-gedung di kota Hatyai masih kalah dalam hal ketinggian. Makanya untuk urusan skyline, Medan masih lebih baik dibandingkan Chiangmai.

5. Bandung vs Hat Yai

Skyline Bandung (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Hat Yai (Foto : Flickr.com)

Bandung sebenarnya memiliki gedung tinggi yang lebih banyak dibandingkan Tangerang dan Medan. Namun gedung-gedung di kota Bandung sangat menyebar sehingga untuk urusan skyline masih kalah dibandingkan Tangerang dan Medan. Namun bila dibandingkan kota Hat Yai, skyline Bandung masih lebih baik.

6. Makassar vs Sri Racha

Skyline Makassar (Flickr.com)

Skyline Sri Racha (Foto : Flickr.com)

Makassar termasuk salah satu kota dengan perkembangan skyline paling pesat di Indonesia. Bahkan bila dibandingkan kota Sri Racha, skyline Makassar unggul telak. Ini tidak terlepas dari status kota Makassar yang menjadi hub di kawasan Indonesia timur, sehingga Makassar mengalami perkembangan kota yang pesat.

7. Semarang vs Phuket

Skyline Semarang (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Phuket (Foto : Flickr.com)

Semarang juga merupakan salah satu kota  dengan perkembangan skyline paling pesat di Indonesia. Dibandingkan kota Phuket, gedung-gedung tinggi di Semarang jauh lebih banyak. Selain itu jarak antar gedung tinggi di kota Semarang juga tampak jauh lebih rapat dibandingkan Phuket. Jadi tidak mengherankan kalau Semarang memiliki skyline yang lebih baik dibandingkan Phuket.

8. Batam vs Khon kaen

Skyline Batam (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Khon Kaen (Foto : Flickr.com)

Bila dilihat dari jumlah gedung, Batam jauh lebih unggul daripada Khon Kaen. Bahkan saat ini gedung-gedung yang sedang dibangun di kota Batam tidak kalah banyak dibandingkan kota-kota yang lebih besar, seperti Medan dan Makassar. Untuk urusan skyline, sudah pasti Batam jauh lebih baik dibandingkan kota Khon Kaen.

9. Balikpapan vs Patong

Skyline Balikpapan (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Khon kaen (Foto : Skyscrapercity.com)

Dari skyline, Balikpapan lebih baik dibandingkan Khon Kaen. Gedung-gedung di Balikpapan lebih banyak dan lebih rapat.

10. Bekasi vs Karon

Skyline Bekasi (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Karon (Foto : Flickr.com)

Hal yang tidak jauh berbeda dengan Balikpapan vs Patong juga terdapat pada Bekasi vs Karon. Bekasi memiliki gedung tinggi yang lebih banyak dan lebih rapat dibandingkan Karon. Otomatis Bekasi juga memiliki skyline yang lebih baik dibandingkan Karon. 


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment