Perbandingan Skyline antara Indonesia dengan Vietnam

Leave a Comment

Skyline merupakan garis cakrawala atau horizontal yang terbentuk dari kumpulan gedung atau daratan. Umumnya istilah skyline identik dengan kawasan perkotaan karena dikawasan perkotaan banyak terdapat kumpulan gedung-gedung tinggi. Namun istilah skyline bisa juga dipakai terhadap garis cakrala yang terbentuk oleh alam. Contohnya adalah skyline yang terbentuk dari  gugusan pegunungan.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang perbandingan skyline antara kota di Indonesia dengan kota di Malaysia. Bagi yang belum sempat membacanya, silahkan kunjung artikel Perbandingan Skyline antara Kota di Indonesia dengan Kota di Malaysia. Kali ini kita akan membahas tentang perbandingan skyline antara kota di Indonesia dengan kota di Vietnam. Perbandingannya diambil berdasarkana skyline dari 10 kota terbesar di negara masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraiannya.

1. Jakarta vs Saigon

Skyline Jakarta (Foto : Culinarybonanza.com)

Skyline Saigon (Foto : Flickr.com)

Saigon merupakan kota terbesar di Vietnam. Kota ini dikenal juga dengan sebutan Ho Chi Minh City. Boleh dibilang skyline Jakarta unggul telak bila dibandingkan dengan Saigon. Jakarta memiliki gedung yang jauh lebih banyak dan desain yang lebih variatif dibandingkan Saigon. Untuk level Asia Tenggara, mungkin hanya Singapura dan Bangkok yang memiliki skyline yang lebih baik dibandingkan Jakarta.

2. Surabaya vs Hanoi

Skyline Surabaya (Foto : Flickr.com)

Skyline Hanoi (Foto : Flickr.com)

Kalau Jakarta unggul telak dibandingkan Saigon, hal sebaliknya justru dialami oleh kota Surabaya. Skyline Surabaya justru kalah telak dibandingkan Hanoi. Hanoi memiliki gedung tinggi yang lebih banyak dibandingkan Surabaya. Kerapatan antar gedung di Hanoi juga jauh lebih baik dibandingkan Surabaya. Bahkan skyline Hanoi tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan Saigon.

3. Bandung vs Hai Phong

Skyline Bandung (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Hai Phong (Foto : Skyscrapercity.com)

Boleh dibilang skyline Bandung lebih baik dibandingkan Hai Pong, Hal yang wajar karena Bandung memiliki gedung tinggi yang jauh lebih banyak dibandingkan Hai Phong. Andai saja gedung-gedung tinggi di kota Bandung tidak menyebar seperti sekarang ini, pasti skyline Bandung unggul telak dibandingkan Hai Phong.

4. Bekasi vs Can Tho

Skyline Bekasi (Foto : Instagram @sandy_beachlol)

Skyline Can Tho (Foto : Bestofcantho.com)

Meski berstatus kota terbesar keempat di Vietnam, keberadaan gedung-gedung tinggi di kota Can Tho sangat minim. Akibatnya skyline kota Can Tho tidak benar-benar  terbentuk. Berbeda dengan kota Bekasi yang sudah lumayan banyak memiliki gedung-gedung tinggi. Jadi untuk urusan skyline, Bekasi lebih unggul dibandingkan Can Tho.

5. Medan vs Bien Hoa

Skyline Medan (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline  Bien Hoa (Foto : Skyscrapercity.com)

Saat ini Medan merupakan salah satu kota yang paling gencar membangun gedung-gedung tinggi di Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir ini, kualitas skyline kota Medan menunjukan kemajuan yang signifikan. Dibandingkan kota Bien Hoa, boleh dibilang skyline kota Medan unggul telak.

6. Semarang vs Da Nang

Skyline Semarang (Foto : Wikipedia.org)

Skyline Da Nang (Foto : Discoverwithemmy.com)

Da Nang jelas bukanlah lawan yanag sepadan bagi Semarang. Bahkan skyline Da Nang dibandingkan Surabaya sekalipun entah mana yang bagus. Jadi untuk urusan skyline, Da Nang unggul telak dibandingkan Semarang. Ketinggian gedung-gedung di Semarang kalah jauh dibandingkan Da Nang.

7. Tangerang vs Vung Tau

Skyline Tangerang (Foto : Flickr.com)

Skyline Vung Tau (Foto : Flickr.com)

Skyline Tangerang kelihatan sedikit lebih baik dibandingkan skyline Vung Tau. Walaupun  Vung Tau tampak memiliki gedung tinggi yang lebih banyak dibandingkan Tangerang, namun gedung-gedung di Tangerang relatif lebih tinggi dan terpusat bila dibandingkan dengan Vung Tau.

8. Depok vs Nha Trang

Skyline Depok (Foto : Indopos.co.id)

Skyline Nha Trang (Foto : Flickr.com)

Perbandingan skyline Depok dengan Nha Trang bagaikan bumi dan langit. Depok memiliki gedung tinggi  yang sedikit dan jaraknya jarang-jarang. Berbanding terbalik dengan Nha Trang yang memiliki gedung tinggi yang lebih banyak dan jarak antar gedungnya yang relatif rapat. Jadi untuk urusan skyline, Nha Trang jauh lebih baik dibandingkan Depok.

9. Palembang vs Buon Ma Thuot

Skyline Palembang (Foto : Skyscrapercity.com)

Skyline Buon Ma Thuot (Foto : Wikimapia.org)

Palembang memang berstatus sebagai kota terbesar kesembilan di Indonesia. Namun untuk urusan skyline, Palembang cukup tertinggal dibandingkan kota-kota yang lebih kecil seperti Batam, Balikpapan, Pekanbaru dll. Dibandingkan kota Ma Thout di Vietnam, skyline Palembang juga masih tertinggal.

10. Makassar vs Hue

Skyline Makassar (Foto : Flickr.com)

Skyline Hue (Foto : Skyscrapercity.com)

Walaupun Makassar berada di kawasan Indonesia Timur, namun kota ini memiliki skyline yang mumpuni. Bahkan berada dalam daftar 5 kota dengan skyline terbaik di Indonesia. Dibandingkan kota Hue di Vietnam, skyline Makassar jelas  lebih unggul.

Itulah sedikit ulasan tentang perbandingan skyline antara kota di Indonesia dengan kota di Vietnam. Sebenarnya akan lebih tepat bila perbandingannya dibuat antara 10 kota dengan skyline terbaik di masing-masing negara, bukan perbandingan skyline antara 10 kota terbesar di masing-masing negara. Masalahnya saya tidak begitu mengetahui urutan 10 kota dengan skyline terbaik di vietnam. Selain itu dalam menentukan urutan skyline biasanya bersifat subjektif untuk kota-kota yang memiliki skyline nyaris setara.

Berbeda dengan perbandingan skyline antara Indonesia dengan Malaysia yang pernah saya buat sebelumnya. Saat itu saya memang memberikan perbandingan antara 10 kota dengan skyline terbaik di masing-masing negara. Itu karena saya cukup mengetahui skyline kota-kota di Malaysia. Walaupun urutan yang dibuat belum tentu 100 persen akurat.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment