Tidore Kepulauan, Kota dengan Wilayah Terluas di Indonesia

Leave a Comment

Tidore Kepulauan merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Maluku Utara. Kota ini sudah terkenal sejak zaman penjajahan bangsa Eropa di Nusantara.  Tidore Kepulauan terkenal sebagai penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala. Bangsa Eropa pertama yang pertama kali menginjakan kakinya di Tidore Kepulauan adalah pelaut dari Spanyol, yaitu sekitar tahun 1512.

Kota Tidore Kepulauan sempat menjadi ibukota provinsi perjuangan Irian Barat. Gubernur pertamanya adalah Zainal Abidin Syah yang juga menjabat sebagai Sultan Tidore. Setelah Papua masuk ke dalam wilayah Indonesia, statusnya berubah menjadi ibukota daerah administratif Halmahera Tengah dengan ibukota Soa Sio Tidore. Tahun 1990, status daerah administratif berubah menjadi kabupaten Halmahera Tengah. Pada tahun 2003, Tidore resmi menjadi kota dengan nomenklaturnya Kota Tidore Kepulauan, dengan pejabat wali kota pertamanya adalah Drs. M. Nur Djauhari dan wakil walikota pertamanya adalah Drs. Mahmud Adrias.

Penduduk asli kota Tidore Kepulauan adalah suku Tidore. Suku ini mendiami pulau Tidore, pesisir barat pulau Halmahera, pulau Mare, pulau Moti dan Maitara. Sistem kepemimpinan pribumi Tidore masih menggunakan kepemimpinan kelompok yang dipimpin oleh orang terkuat dalam komunitasnya. Orang yang berpengaruh dalam kelompok ini diberi gelar kehormatan dengan julukan "Momole".

Selama ini banyak yang menganggap bahwa wilayah yang menjadi bagian dari kota Tidore hanya terdiri dari pulau Tidore dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Anggapan tersebut jelas salah. Pulau Tidore hanya sebagian kecil wilayah dari kota Tidore Kepulauan. Mayoritas wilayah darat kota Tidore Kepulauan justru berada di pulau Halmahera, yaitu pulau terbesar di provinsi Maluku utara. Di dalam wilayah kota Tidore Kepulauan ini terdapat kota Sofifi yang merupakan ibukota dari provinsi Maluku Utara, tepatnya berada di kecamatan Oba Utara. Nantinya kota Sofifi ini akan dimekarkan menjadi kota sendiri yang terpisah dari kota Tidore Kepulauan. Selain Kecamatan Oba Utara, di kota Tidore Kepulauan juga terdapat kecamatan Oba, Oba Selatan, Oba Tengah, Tidore, Tidore Selatan, Tidore Utara dan Tidore Timur.

Peta Maluku Utara

Kota Tidore Kepulauan memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu mencapai 9.564,7 kilometer persegi. Bandingkan dengan luas wilayah kota Jakarta yang hanya 661,5 kilometer persegi. Dengan wilayah seluas itu, menjadikan Tidore Kepulauan sebagai kota dengan wilayah terluas di Indonesia. Bahkan kalau dihitung dengan wilayah lautan, luas wilayah kota Tidore Kepulauan mencapai 13.862,86 kilometer persegi.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment