Medan dan Danau Toba akan Terhubung dengan Kereta Api

Leave a Comment

Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengembangkan sektor pariwasata. Salah satunya adalah dengan mengembangkan infrastruktur di sejumlah destinasi wisata andalan. Untuk Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi prioritas Pemerintah Indonesia. Demi mendongkrak kunjungan wisatawan ke Danau Toba, Pemerintah terus meningkatkan infrastruktur yang menghubungkan Danau Toba dengan Kota Medan. Maklum, Medan merupakan pintu masuk utama wisatawan ke Sumatera Utara.

Salah satu infrastruktur yang dibangun untuk menghubungkan Medan dan Danau adalah jalur kereta api. Saat ini jalur kereta api dari Kota Medan hanya baru mencapai Kota Siantar. Untuk itu Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Perhubungan akan membangun jalur tambahan dari Kota Siantar ke Parapat di Kabupaten Simalungun. Dengan demikian, Kota Medan dan Danau Toba dapat terhubung langsung dengan jalur kereta api. Menurut VP Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia (KAI), Agus Komarudin, perkiraan lama perjalanan dari Kota Medan ke Danau Toba bila menggunakan kereta api adalah sekitar 4,5 jam.

Hitungan lamanya perjalanan dari Medan ke Danau Toba menggunakan kereta api, yakni perbandingan waktu tempuh Kereta Api Siantar Ekspres dari Medan ke Stasiun Siantar yang berjarak 127 kilometer. Sementara dari Siantar ke Parapat berjarak sekitar 30 kilometer. 

"Asumsinya kalau saya tanya orang teknik, dari Siantar sampai ke Parapat itu 35 menit, itu ada hitungan kecepatan kereta dan hitungan teknis lainnya. Jadi kalau dari Medan ke Siantar 4 jam, artinya dari Medan ke Toba pakai kereta api ya sekitar 4,5 jam," jelasnya kepada detikFinance, Jumat (12/5/2017). 

Selama ini, sebagian besar wisatawan maupun penduduk sekitar Danau Toba mengandalkan transportasi darat, baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Sementara sebagian lainnya menggunakan pesawat terbang via Bandara Silangit. 

Namun meski lamanya perjalanan hampir sama dengan moda angkutan darat lain, sambungnya, perjalanan dengan kereta api jauh lebih terjamin ketepatan waktunya. Apalagi jalan raya Medan ke Danau Toba kerap macet di beberapa titik pada waktu-waktu tertentu. 

"Hampir sama dengan lama perjalanan pakai darat. Cuma kalau pakai kereta api kan tidak macet. Jadi sudah pasti waktunya kalau pilih kereta api," ujar Agus. 

Kepala Humas Divisi Regional I Sumatera Utara dan Aceh PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ilud Siregar, menjelaskan, yang menarik dari jalur dari Stasiun Siantar hingga ke Parapat, yakni pemandangan alam pegunungan yang akan dilintasi rel kereta baru tersebut.

"Kalau tanya pemandangan, itu sangat cantik, karena alamnya pegunungan. Cantik sekali pemandangannya. Apalagi begitu mendekati (Danau) Toba," pungkasnya.


Sumber : Detik
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment