Jakarta dan Sekitarnya Menguasai Seperlima Perekonomian Indonesia

Leave a Comment

Sudah bukan rahasia lagi kalau perekonomian Indonesia bertumpuk di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bila perekonomian Kota Jakarta digabung dengan daerah-daerah sekitarnya seperti Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kota Tangerang, maka daerah-daerah tersebut telah menguasai lebih dari 1/5 perekonomian Indonesia. Baik Kota Jakarta, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kota Tangerang, sama-sama masuk dalam daftar 20 daerah dengan perekonomian terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2015, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 11.540,8 triliun rupiah. Porsi Kota Jakarta terhadap PDB Indonesia mencapai 16,95% atau  1.956,03 triliun rupiah. Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan memegang peranan paling penting yaitu masing-masing mencapai 4,14% dan 3,78%.

Untuk wilayah Jabodetabek yang berada di luar Kota Jakarta, Kabupaten Bekasi memegang porsi terbesar terhadap PDB Indonesia. Daerah yang menjadi salah satu tujuan utama investasi para investor ini memegang porsi ekonomi 2,1% dari PDB Indonesia atau setara dengan 243, 4 triliun rupiah. Kabupaten Bekasi sendiri merupakan daerah dengan perekonomian terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya disusul oleh Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor memiliki porsi 1,44% terhadap PDB Indonesia atau setara dengan 166,1 triliun. Disusul oleh Kota Tangerang yang memiliki porsi 1,08 persen atau 124,6 triliun terhadap PDB Indonesia. Bila PDB semua daerah tersebut digabung, nilainya mencapai 2,490 triliun rupiah.

Ini tentu menjadi PR yang berat bagi pemerintah Indonesia. Pemerataan pembangunan yang selama ini didengung-dengungkan masih belum membuahkan hasil yang memuaskan. Bahkan pemerintah masih sulit menjadikan daerah-daerah yang berada di luar Jabodebatek, khususnya yang berada di luar Pulau Jawa sebagai daerah yang menarik untuk tujuan investasi.

Sumber : Detik.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment