Kota-Kota Terbesar yang Bukan Berstatus Ibukota Provinsi

Leave a Comment
Umumnya sebuah ibukota provinsi merangkap sebagai kota terbesar dari provinsi bersangkutan. Selain sebagai pusat pemerintahan, ibukota provinsi biasanya juga dijadikan sebagai pusat perekonomian, pendidikan dll. Namun ada juga sebagian kecil kota terbesar dari sebuah provinsi namun tidak berstatus sebagai ibukota provinsi. Beberapa hal yang menjadikan kota-kota non ibukota provinsi tersebut tmenjadi kota terbesar diantaranya adalah karena memiliki kekayaan alam atau posisinya yang lebih strategis dibandingkan ibukota provinsi. Ada juga yang disebabkan karena ibukota provinsinya baru dibentuk belakangan sehingga masih belum terlalu berkembang. Berikut adalah kota-kota yang dimaksud.

Tangerang

Kota Tangerang (Foto : Skyscrapercity,com)

Tangerang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota ini merupakan salah satu daerah penyangga Kota Jakarta. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, populasi Kota Tangerang mencapai 1.798.601 jiwa. Dengan penduduk sebesar itu, Kota Tangerang masuk dalam kategori kota metropolitan. Kota ini merupakan kota terbesar dari Provinsi Banten. Sementara ibukota dari Provinsi Banten adalah Kota Serang.

Batam

Kota Batam (Foto : Mediaindonesia.com)

Populasi kota Batam pada tahun 2015 mencapai 1.030.529 jiwa. Dengan populasi sebesar itu menjadikan Kota Batam sebagai kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Ibukota Provinsi Kepulauan Riau adalah Kota Tanjungpinang. Kota Batam memang disiapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia. Pemerintah Indonesia mengurus langsung Kota Batam melalui BP (Batam Pengusahaan) Batam.

Balikpapan

Kota Balikpapan (Foto : Skyscrapercity.com)

Balikpapan dikenal juga dengan julukan Kota Minyak. Hal tersebut karena Kota Balikpapan merupakan kota yang kaya dengan minyak bumi. Itulah sebabnya Kota Balikpapan menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia. Kota Balikpapan merupakan kota terbesar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan populasi diatas 700.000 jiwa. Ibukota dari Provinsi Kaltim sendiri adalah Kota Samarinda.

Baca juga : Kota-Kota di Indonesia yang Pantas Berstatus Setingkat Provinsi

Sorong

Kota Sorong (Foto : Sukapergi,com)

Populasi Kota Sorong berdasarkan data tahun 2014 mencapai 255.100. Kota ini merupakan kota terbesar dari Provinsi Papua Barat. Papua Barat sendiri memiliki ibukota bernama Manokwari. Manokwari selain menjadi ibukota Provinsi Papua Barat, juga merupakan ibukota dari Kabupaten Manokwari. Secara infrastruktur, Kota Manokwari masih lebih tertinggal dibandingkan Kota Sorong.

Tarakan

Kota Tarakan (Foto : Prokal.co)

Kota Tarakan merupakan kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Populasi kota ini mencapai lebih dari 247.000 jiwa. Kalimantan Utara adalah provinsi termuda di Indonesia. Kota Tanjung Selor yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Utara belum resmi terbentuk saat provinsi ini diresmikan. Itulah sebabnya kota Tanjung Selor masih jauh lebih tertinggal dibandingkan Kota Tarakan. Sedangkan Kota Tarakan sudah terbentuk saat provinsi Kalimantan Utara masih menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur.

Ternate

Kota Ternate (Foto : Wikimedia.org)

Populasi Kota Ternate berdasarkan data tahun 2010 adalah 185.705 jiwa. Kota ini sempat menjadi ibukota dari Provinsi Maluku Utara karena Kota Sofifi yang ditunjuk sebagai ibukota provinsi masih belum siap secara infrastruktur. Namun setelah infrastruktur Kota Sofifi dianggap matang, barulah ibukota provinsi dipindahkan ke Kota Sofifi. Sampai sekarang Kota Sofifi sendiri dianggap masih belum siap sebagai ibukota provinsi Maluku Utara.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment