Surabaya Miliki Bus Trunk Penunjang Angkutan Massal

Leave a Comment
Guna menunjang perkembangan trem di kota Pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendatangkan 8 bus trunk merk Mercedes, Jumat (29/12/2017).
Bus ini sendiri memiliki panjang 12 meter dan lebar 2,4 meter dengan kapasitas 67 seat penumpang yang dibeli dengan harga Rp 2,4 miliar per unitnya.
Eksterior bus trunk Surabaya (foto : surabaya.go.id)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama satuan kerja perangkat dinas (SKPD) terkait langsung mencoba armada dengan nama Suroboyo bus tersebut dari Balai Kota menuju jembatan Suroboyo di Kenjeran.
“Bus ini memiliki peralatan yang lengkap agar membuat warga Surabaya nyaman saat menaikinya,” kata Tri Rismaharini kepada wartawan.
Peralatan yang dimaksud adalah seperti desain bus khususnya di bagian dalamnya memiliki fasilitas LED untuk informasi, full AC, serta tempat duduk yang terpisah antara wanita dengan pria. “Bahkan ada juga tempat duduk untuk ibu hamil dan difabel serta suspensi yang dinaik turunkan agar mereka mudah menaikinya,” terusnya.
Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan 12 CCTV yang bisa memantau langsung gerak gerik penumpang selama perjalanan. Nantinya, bus ini dijadwalkan akan melayani penumpang dengan tujuan Purabaya Bungurasih dan Joyoboyo. Kedepannya, akan melintas di Tunjungan Siola.
Interior bus trunk Surabaya ( foto : lensaindonesia.com)
Bus Suroboyo ini sendiri juga memiliki teknologi panic button dimana ketika ada kebakaran, sekali ditombol secara otomatis pintu akan terbuka, aki serta mesin secara otomatis juga akan mati.
“Armada ini juga terkoneksi langsung dengan Surabaya Intelejen Transportasi System (SiTS) langsung, jika bus mendekati traffic light maka lampu hijau akan menyala jadi angkutan ini bebas hambatan,” bebernya.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment