10 Kota di Indonesia dengan Populasi Terkecil

Leave a Comment

Biasanya kalau ada yang membuat urutan sebuah kota, pasti dilihat dari hal-hal yang besar. Misalnya daftar kota terbesar, terluas, terkaya dan sebagainya. Kali ini kita akan membahas tentang hal sebaliknya, yaitu melihat urutan sebuah kota dari hal yang kecil. Hal yang kita bahas kali ini adalah tentang 10 kota di Indonesia dengan populasi terkecil. Kota yang dimaksud di sini adalah sebuah wilayah yang dikepalai oleh seorang walikota. Jadi untuk kota-kota yang berstatus kota kecamatan atau ibukota kabupaten, tidak masuk dalam daftar.

10 kota di Indonesia dengan populasi terkecil

1. Sabang

Pesonaindo.com

Sabang menjadi kota dengan populasi terkecil di Indonesia. Saat ini kota Sabang menjadi salah satu destinasi wisata utama di provinsi Aceh.  Kota Sabang memiliki wilayah dengan luas 153 kilometer persegi. Kota ini terdiri dari beberapa pulau dimana pulau Weh merupakan pulau terbesar. Populasi kota Sabang pada tahun 2014 diperkiakan mencapai 32.271 jiwa

2. Padangpanjang

Panoramio.com

Padangpanjang merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Sumatera Barat. Populasi kota Padangpanjang berdasarkan  data kependudukan tahun 2014 adalah 49.451 jiwa. Bukan cuma populasinya yang kecil, wilayah kota Padangpanjang juga kecil. Luas wilayah kota Padangpanjang hanya 23 kilometer persegi.

3. Sawahlunto

Okezone.com

Sama seperti Padangpanjang, Sawahlunto juga merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Sumatera Barat. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kota Sawahlunto sempat berjaya karena terdapat tambang batubara di sana. Sekarang setelah cadangan batubara di Sawahlunto telah habis, kota ini menjelma menjadi destinasi wisata dengan mengandalkan objek-objek wisata bekas tambang batubara. Populasi kota Sawahlunto berdasarkan data kependudukan tahun 2014 adalah 59.821 jiwa. Sementara luas kota Sawahlunto adalah 275,86 kilometer persegi.

4. Solok

Solokkota.go.id

Solok juga merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Sumatera Barat. Luas kota Solok adalah 57,64 kilometer persegi. Sementara populasi kota Solok adalah 62.483 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2014.

5. Pariaman

Portraitofindonesia.com

Lagi-lagi kota yang berasal dari Sumatera Barat masuk dalam daftar kota terkecil di Indonesia, yaitu kota Pariaman. Pariaman terkenal sebagai kota tabuik (tabot). Kota ini memiliki populasi 83.151 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2014. Luas wilayah kota Pariaman adalah 73,36 kilometer persegi. 

6. Sibolga

Paminto.com

Populasi kota Sibolga pada tahun 2014 tercatat 86.166 jiwa. Kota ini berada di provinsi Sumatera Utara dengan luas wilayah yang cuma 10,77 kilometer persegi. 

7. Tomohon

Twitter.com (@kota_tomohon)

Kota Tomohon berada di provinsi Sulawesi Utara. Populasi kota ini berdasarkan data kependudukan tahun 2012 adalah 93.857 jiwa. Sementara luas wilayahnya adalah 147,11 kilometer persegi.

8. Tidore

Trekearth.com

Tidore merupakan sebuah kota yang terdiri dari gugusan kepulauan. Pulau terbesarnya adalah pulau Tidore. Kota ini berada di provinsi Maluku Utara. Populasi kota Tidore berdasarkan data kependudukan tahun 2010 adalah 98.025 jiwa. Wilayahnya sangat luas, yaitu mencapai 9.116.,36 kilometer persegi. 

9. Bukittinggi

Bukitlawanginfo.com

Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota wisata di provinsi Sumatera Barat. Kota ini memiliki area seluas 25,24 kilometer persegi. Populasi kota Bukittinggi berdasarkan data kependudukan tahun 2014 adalah 117.097 jiwa. 

10. Payakumbuh

Palingyess.com

Sama seperti Bukittinggi, Payakumbuh juga kota yang berada di provinsi Sumatera Barat. Populasi kota Payakumbuh adalah 122.896 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2014. Sementara luas wilayahnya adalah 80,43 kilometer persegi. 
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment