Kota Bandung, Rumah Bagi BUMN Industri Strategis

Leave a Comment
Bandung merupakan salah satu kota terpenting di Indonesia. Bersama dengan Jakarta dan Surabaya, Kota Bandung berada dalam jajaran kota-kota yang berasal dari Indonesia yang masuk dalam kategori kota global. Kota ini dikenal sebagai kota pendidikan utama di Indonesia. Selain sebagai kota pendidikan, Bandung juga dikenal sebagai pusat industri kreatif.

Banyak perusahaan-perusahaan berbasis teknologi yang berinvestasi di Kota Bandung. Tidak terkecuali Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pemerintah sendiri memiliki sejumlah Badan Usaha Milik Negara berbasis teknologi tinggi yang disebut BUMNIS (Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis).

Bicara tentang BUMN Industri Strategis, Bandung merupakan rumahnya bagi sejumlah BUMN Industri Strategis. Diantara kota-kota lainnya di Indonesia, Bandung merupakan kota dengan BUMN Industri Strategis paling banyak di Indonesia. Berikut adalah sejumlah BUMN Industri Strategis yang berada di Kota Bandung.

Pindad


Pindad adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor manufaktur yang fokus bergerak dibidang industri militer. Namun selain memproduksi produk militer, Pindad juga memproduksi sejumlah produk untuk keperluan komersil. Saat ini Pindad memiliki karyawan sekitar 3000 orang.

Sudah banyak produk yang dilahirkan oleh Pindad, baik untuk keperluan militer ataupun komersil. Maklum, perusahaan ini sudah berusia cukup tua. Pindad sudah berdiri sejak zaman Hindia Belanda, tepatnya sejak tahun 1808. Beberapa produk buatan Pindad antara lain panser Anoa, rantis Komodo, senapan serbu SS2, ekskavator Excava 200, dan sejumlah komponen untuk keperluan industri dan jasa.

Dirgantara Indonesia


Dirgantara Indonesia adalah BUMN yang bergerak dibidang produksi pesawat terbang. Dirgantara Indonesia satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang memproduksi pesawat terbang. Dulu Dirgantara Indonesia dikenal dengan nama IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara).

Produk-produk pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia tidak hanya dibuat untuk kebutuhan dalam negeri, namun banyak juga yang diekspor. CN-235 merupakan pesawat terlaris buatan PT Dirgantara Indonesia. Baru-baru ini PT Dirgantara Indonesia juga telah berhasil melahirkan produk terbarunya yang diberi nama N-219.

Len Industri


Len Industri merupakan perusahaan milik pemerintah yang bergerak dibidang industri elektronik. Berbagai produk yang berkaitan dengan bidang elektronik telah berhasil diciptakan oleh Len Industri. Diantaranya adalah sistem persinyalan untuk kereta api, alat komunikasi militer dan panel surya.

INTI


INTI adalah BUMN yang fokus bergerak dibidang telekomunikasi. INTI sendiri merupakan singkatan dari Industri Telekomunikasi Indonesia. Dalam perkembangannya, PT INTI telah mengalami perubahan orientasi bisnis. Dulu INTI merupakan sebuah perusahaan manufaktur murni. Namun sekarang menjadi sebuah industri yang berbasis solusi kesisteman.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment